Jumat, 03 Mei 2013

Tugu Kujang dan Sejuta Kenanganku


Selamat tanggal 4 Mei!! Selamat ulang tahun yaah my Shinichi Kudo :*
waduh salah fokus -_-

Selamat tanggal 4 Mei!! Ada apa di tanggal ini? Saya juga baru tahu. Ternyata, 31 tahun yang lalu, pada tanggal 4 Mei telah berdiri sebuah monumen dengan tinggi sekitar 23 meter di kota Bogor kita tercinta.




Yep. Tugu Kujang.

Sebuah tugu yang menjadi lambang kota Bogor. Yang berdiri dengan kokoh, dan tidak pernah kesepian karena terletak di jalanan yang ramai. Ramaaaai sekali dengan sejuta angkot yang suka ngetem disana. Nah, ternyata 4 Mei diperingati sebagai hari jadi Tugu Kujang lho..

Agater-agater pasti tahu kalo beberapa minggu yang lalu di twitter pernah heboh membicarakan Tugu Kujang. Bukan, bukan karena Tugu Kujang mau ulang tahun. Tapi karena santer terdengar kabar hoax kalau Tugu Kujang mau digusur dan dibangun hotel disana. Aneh ga sih? Hotel kok di tengah jalan. Tapi ini memang rame banget beritanya. Baru buka timeline, dimana-mana bertebaran hastag #SaveTuguKujang. Memang ya tabiat orang Indonesia banget, kalau miliknya mau diklaim/direbut/digusur kayak gini, baru deh rasa cintanya keluar. Haha selamat ya Jang kamu eksis di twitter. Sebelumnya jarang ada orang yang ngetwit soal kamu.

Lalu akhirnya beberapa pihak terkait mulai menjelaskan kalau maksudnya adalah menyelamatkan Tugu Kujang dari Hotel Amaroossa yang akan dibangun menjulang sangat tinggi hingga menutupi ikon kota bogor tersebut. Nanti si Kujang wibawanya hilang, kalah gagah sama Amaroossa yang sama sekali tidak memiliki nilai sejarah itu. Para warga jawa barat yang hatinya terluka akhirnya kompak mendukung Kujang. Ratusan warga dan mahasiswa serta budayawan menggelar unjuk rasa tanggal 11 April kemarin.



Saya pribadi memiliki kenangan di Tugu Kujang. Walaupun sampai sekarang belum kesampaian punya foto alay disana, but someday maybe i will.
Di Tugu Kujang pertama kali bisa nyebrang jalan raya sendirian.
Dari Tugu Kujang pernah jalan kaki sendirian menyusuri jalan raya Pajajaran, ngegalau, menikmati indahnya kota Bogor.
Di Tugu Kujang pernah ketemu pengamen yang so sweet. 
Di Tugu Kujang pernah ada kenangan sama mantan juga. (Erwin semoga ga baca ini :p)
Tanpa Tugu Kujang, saya mungkin ngga tau dimana harus turun angkot 06 kalau mau ke Botani Square. Haha.
Pokoknya 4 tahun menumpang di Bogor tanpa sadar membuat saya cinta juga sama Kujang.


Selamat hari jadi ya Kujang. Semoga citramu abadi dan tak kalah sama gedung sebelah. We love youuuu <3


Contact:
www.facebook.com/indahyo
www.twitter.com/indahyo
catch 'cha there :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar